Gambar

Sebagai seorang muslim, kita melihat banyak sekali terjadi penyimpangan-penyimpangan agama yang terjadi di Indonesia. Hal ini yang dimaksudkan tidak sesuai dengan ideologi kita, yaitu PANCASILA. Karena saya melihat beberapa kesalahan/ penyimpangan kelakuan remaja masa kini. Banyak kemungkinan ini adalah dampak dari GLOBALISASI, tetapi bagaimanapun hal ini harus disaring agar remaja kini tidak terjerumus pada hal-hal negative dan kebiasaan yang jelek terutama yang tidak sesuai dengan norma agama.

            Sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan untuk saya adalah ketika remaja sudah melupakan kewajiban mereka untuk SHALAT. Hal ini saya dapat ketika mengikuti kultum setiap hari jum’at di sekolah. Dari murid yang hadir di acara, hanya 20% siswa yang selalu melakukan kewajiban mereka secara penuh, sisanya mengaku tidak punya waktu untuk shalat, seakan-akan mereka tidak menganggap shalat itu sebagai kewajiban tetapi mereka menganggap shalat sebagai hak manusia. Bukankan sila pertama dari Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa, tetapi pada kenyataannya banyak remaja yang tidak mengindahkan sila pertama pada Pancasila. Padahal sebagai seorang muslim menjadi kewajiban kita semua untuk shalat.

            Sebenarnya Shalat bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Hanya saja seiring perkembangan jaman banyak sekali remaja yang menyampingkan kewajibannya sebagai seorang muslim, contoh saja dari pernyataan siswa yang tidak shalat mereka mengaku tidak punya waktu untuk shalat dikarenakan les, belajar, bermain, dan ketiduran. Sesungguhnya apa yang lebih penting daripada urusan akhirat?

Gambar

Berikut ini adalah kutipan kalimat yang saya dapat dari guru saya Bapak Sulur yaitu ” Manusia yang tidak salat berarti manusia yang tidak takut kepada Tuhannya, Jika manusia saja tidak takut kepada Tuhan nya apalagi kepada sesame manusia?”

            Dari kalimat tersebut banyak sekali manfaat yang bisa kita jadikan tauladan bagi kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah KORUPSI yang sedang melanglang buwana di Indonesia. Mulai dari pegawai kelas teri sampai pejabat kelas kakap pernah merasakannya. Mungkin saja remaja masa kini tetap akan membudayakan korupsi sebagai budaya mereka  di masa yang akan datang, karena masih kecil saja sudah berani korupsi hak Tuhan yang semestinya untuk Tuhan malah diambilnya (korupsi masa kecil = shalat).

            Kesimpulannya shalat adalah tiang agama kita yaitu agama Islam. Jika kita tidak punya tiang yang kuat dalam mendirikan rumah maka sewaktu-waktu kita akan goyah ketika kita melihat sesuatu yang menguntungkan untuk kita tapi merugikan untuk orang banyak.

  1. Maka jagalah shalat kalian
  2. Ingatlah jika Tuhan dan Malaikat selalu mengawasi kita
  3. Ingatlah jika semua perbuatan pasti kan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak
  4. Jadi mulailah kedisiplinan kecil untuk meraih kesuksesan besar di masa depan
  5. Janganlah ambil hak Tuhan atau kamu akan terbiasa mengambil hak manusia
  6. Jadilah menusia yang mempunyai pendirian atau agama yang kuat, jangan mudah tergiur apapun.

Semoga kita termasuk hamba yang dirahmati oleh Tuhan. Aminnn…

 

About madistiya

seseorang yang sedang bahagia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s